Tips Merawat Paru - Paru Agar Sehat


Menjaga paru paru kita tetap sehat adalah sangat penting, karena jika ada masalah pada organ yang satu ini maka dampaknya akan terasa secara langsung. Paru-paru adalah salah satu organ dalam sistem pernafasan yang terhubung dengan aliran darah. Dan tugas paru-paru adalah menukar oksigen dengan karbon dioksida dari hasil proses pembakaran tubuh untuk dilepaskan keudara. Jadi bila paru-paru kita ada masalah, tubuh bisa lemas karena darah kekurangan oksigen atau kelebihan CO2. Advertisement Ada banyak kondisi yang bisa memenyebabkan paru-paru lemah, sehingga kerjanya tidak menjadi maksimal. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak paru-paru. Dengan demikian, kita harus selalu berusaha untuk menjaga kondisi agar paru-paru tetap sehat, kuat dan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Berikut ini tips menjaga paru paru agar menjadi sehat, kuat dan terhindar dari masalah:

1 . Olahraga


 Latihan kebugaran kardiorespirasi yang baik akan membantu menjaga kekuatan otot jantung dan paru-paru dalam mensuplai oksigen. Selain itu, olahraga teratur juga sangat penting dan akan membantu bagi orang dengan penyakit paru-paru kronis.

2 . Tidak merokok


 Tidak ada batas aman bagi seseorang yang mer*kok. Semakin sering orang menghisap rok*k, maka risiko kerusakan paru-paru juga akan semakin besar. Hal ini tidak hanya terbatas pada rok*k, juga mencakup cerutu, dll.

 3 . Hindari udara yang kotor 


Udara bersih akan mengurangi risiko paparan benda asing dari luar yang masuk kedalam paru-paru yang bisa merusaknya. Oleh karena itu, hindari sebisa mungkin asap kendaraan bermotor, atau asap dari pembakaran kayu atau sampah. Jika mengendarai sepeda motor sebaiknya menggunakan masker, agar tidak menghirup terlalu banyak asap kenalpot kendaraan. Waspadalah terhadap ancaman polusi udara dari lingkungan disekitar Anda.

4 . Makan makanan yang sehat


Ada bukti bahwa makanan yang kaya akan antioksidan baik untuk kesehatan paru-paru. Semua jenis sayuran bagus, akan tetapi sayuran yang berdaun hijau lebih banyak mengandung antioksidan dan akan memberikan perlindungan. Antioksidan ini harus diperoleh dari sumber makanan, bukan suplemen. Apel juga merupakan makanan sehat yang tinggi mengandung antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan paru-paru. Baca: Khasiat Manfaat Buah Apel Disini

5 . Menggunakan alat pelindung saat bekerja


 Banyak pekerjaan yang menghadirkan risiko masalah bagi paru-paru, seperti pekerja konstruksi, penata rambut dsb. Untuk itu memakai alat pelindung diri seperti masker yang sesuai dengan jenis pekerjaan bisa menghalangi masuknya partikel berbahaya ke dalam paru-paru.

6 . Menggunakan produk yang aman

 Beberapa produk rumah tangga ada yang mengeluarkan partikel atau gas yang berbahaya bagi paru-paru. Cobalah untuk menghindari produk-produk yang berbasis minyak, ataua produk yang yang mudah menguap dan melepaskan senyawa organik ( volatile organic compounds / VOC ). Hindari atau hati-hati jika menggunakan amonia, dan label produk dengan teliti.

 7 . Meningkatkan jumlah udara dalam ruangan

 Udara di dalam ruangan juga bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru, seperti karpet yang tidak bersih, penyegar ruangan dengan bahan kimia, penggunaan lilin berlebihan, obat serangga semprot maupun bakar dll. Untuk itu bangunlah rumah Anda dengan dilengkapi ventilasi udara yang cukup dan juga agar tidak lembab. Ruangan yang lembab juga cenderung menghadirkan jamur, dan sporanya bisa terhirup dan menempel didalam paru-paru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder