Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan


Siapa yang tidak tahu dengan buah jambu biji? Buah yang memiliki 2 macam jenis, jambu biji merah dan putih tersebut rasanya sangat enak dan unik. Manfaatnya bagi tubuh pun sangat banyak mulai dari menambah darah, melancarkan pencernaan dan lain-lain. Namun di sini tidak akan dibahas tentang buah tersebut melainkan mengulas tuntas tentang manfaat daunnya. Sama halnya seperti buah sirsak yang tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi daunnya juga ikut andil besar dalam memelihara kesehatan.

Sebelum membahas ke manfaat daun jambu biji, ada baiknya jika menengok tentang isi kandungan yang ada di dalamnya. Isi kandungan yang terdapat di dalam daun tanaman itu yang paling banyak adalah vitamin C dan juga zat antioksidan seperti flavonoid. Khusus untuk antioksidan flavonoid, yang paling banyak adalah senyawa quercetin. Namun ada juga kandungan nutrisi penting lainnya yang ada di dalam daun buah tersebut antara lain adalah asam mastinat, kalsium, kadalena, beta sitosterol, klorofil A, klorofil B, limonene dan masih banyak lagi. Terlepas dari nutrisinya, berikut ini ada sederetan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan tubuh.

 1. Mengatasi Diare
Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati atau mengatasi diare, kalau khasiat yang satu ini sudah menjadi rahasia umum, semua orang sudah tahu tentang manfaat daun jambu biji yang satu ini.
Teh daun jambu dapat membantu untuk menghambat berbagai bakteri penyebab diare. Bagi penderita diare, meminum teh ini kemungkinan akan mengalami tinja yang lebih sedikit, nyeri perut berkurang, tinja tidak encer dan pemulihan yang lebih cepat, menurut Drugs.com. Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Revista do Instituto de Medicina Tropical de São Paulo” pada tahun 2008 menemukan bahwa ekstrak jambu biji-daun menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, yang merupakan penyebab umum diare.
Para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif membunuh jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi diare. Beberapa studi klinis kecil mendukung manfaat ini dari daun jambu biji, termasuk salah satu yang diterbitkan pada tahun 2000 dalam “Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine” di mana subyek yang diberi ekstrak daun jambu biji menjadi pulih lebih cepat dari infeksi diare daripada mereka yang tidak diberi ekstrak, tetapi percobaan yang lebih besar masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

2. Menyehatkan Jantung
 Manfaat daun jambu biji yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan jantung kita. Hal ini dikarenakan teh daun jambu biji juga dapat berkhasiat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah, menurut penelitian laboratorium dan beberapa penelitian kecil klinis. Senyawa dalam daun jamnu biji dapat membantu mengurangi tekanan darah dan detak jantung, menurut sebuah studi laboratorium yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”. Penelitian ini menemukan bahwa hewan yang telah memakan ekstrak daun jambu biji, telah mengurangi tekanan darah dan denyut jantung.

3. Mengatasi Diabetes
Tidak hanya untuk mengatasi diare, ternyata daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengatasi diabetes yang kita alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan beberapa flavonoid dan senyawa lain dalam daun jambu biji dapat membantu menjaga gula darah tetap rendah, setelah memakan makanan yang tinggi karbohidrat.
Review pada “Nutrition and Metabolism” merangkum temuan laboratorium dari beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa daun jambu biji menghambat beberapa enzim yang berbeda, dengan mengkonversi karbohidrat dalam saluran pencernaan menjadi glukosa, yang berpotensi memperlambat penyerapan ke dalam darah.
Beberapa uji klinis yang dilakukan di Jepang yang mendukung kemungkinan kandungan anti diabetes jambu biji. Laporan ini menunjukkan bahwa minum teh secara teratur membantu glukosa darah menjadi lebih rendah pada subyek dengan diabetes tipe 2, dibandingkan dengan subyek yang sama namun tidak mengkonsumsi teh.

4. Mengontrol Kolesterol
Selain untuk mengontrol gula dalam darah, ternyata khasiat daun jambu biji yang tidak kakalh luar biasanya adalah untuk mengontrol kolesterol. Jika kita mengkonsumsi teh daun jambu biji maka akan merubah kadar kolesterol dan trigliserida.
Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian, dimana peserta yang minum teh daun jambu biji memiliki total kadar kolesterol yang rendah setelah delapan, menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam “Nutrisi & Metabolisme” pada bulan Februari 2010. Percobaan lain telah menunjukkan manfaat yang sama, dengan studi panjang mulai dari empat minggu sampai 12 minggu dan dosis mulai 0,4-1 kilogram per hari, menurut Drugs.com.

5. Obat Demam Berdarah
Daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengatasi dan mengobaati demam berdarah secara alami. Caranya yaitu dengan membuat minuman daun jambu biji. Pertama silahkan siapkan 5 lembar daun jambu biji, lalu rebus dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih. Ramuan ini bisa diminum dalam waktu 4 jam sekali hingga sembuh.

6. Obat Sariawan
Anda mengalami sariawan? Daun jambu biji juga bisa anda manfaatkan untuk mengobatinya. Caranya, pertama, siapkan 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batang pohon jambu biji. Rebus dengan 1 liter air. Saring dan minum air rebusan ini 2 kali sefari.

7. Menyembuhkan Luka Berdarah atau Borok
Manfaat daun jambu biji selanjutnya adalah untuk mengobati luka berdarah atau borok. Caranya, yaitu lumatkan 4-5 helai daun jambu biji segar. Tempelkan lumatan daun tersebut di tempat luka yang berdarah atau borok. Lakukan beberapa kali sehari, hingga sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder