Tips Merawat Mata Agar Sehat


Indikasi perasaan dan kondisi seseorang dapatlah dilihat bola matanya, apakah sedang senang gembira, sedih, sehat, sakit dan lain sebagainya. Mata merupakan salah satu bagian dari panca indra yang sangatlah unik & mampu “mewakili” diri anda. Semua yang terdapat dalam ditubuh sangatlah penting, termasuk juga bagian mata, karena itu perlu kiranya mengetahui bagaimana caranya merawat mata agar tetap sehat , segar dan bersih. Tak sedikit diantara kita senang mempercantik penampilan diri dengan cara menambahkan berbagai riasan khusus, tujuan utamanya ialah untuk menambahkan daya tarik dirinya dan juga mempercantik diri. Akan tetapi sayangnya, kadang justru lupa menjaga serta merawat mata supaya tetaplah sehat bersih bening dan segar.

1.Gunakanlah pelindung


 Saat kita keluar atau berpergian pastilah banyak debu atau asap – asap kendaraan yang bisa mengakibatkan mata terganggu atau bisa mengakibatkan iritasi. Oleh sebab itu sebaiknya kita menggunakan helm atau kacamata untuk melindungi mata kita dari debu atau asap agar tidak menganggu mata. Apalagi di jaman sekarang produk kacamata sudah canggih, banyak beredar kacamata yang melindungi mata kita dari pancaran sinar UV. Pancaran sinar UV berbahaya untuk mata dalam jangka panjang, apalagi lapisan ozon yang semakin menipis mengakibatkan pancaran sinar UV semakin besar. Untuk itu biasakanlah menggunakan kacamata saat berpergian di siang hari.

2.Tidur yang cukup

Di jaman sekarang orang sudah mulai mengabaikan tidurnya. Mereka lebih menomersatukan pekerjaannya daripada istirahat. Padahal tidur sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata. Program tidur 7-8 jam sehari sudah mulai terabaikan. Tidur yang kurang dari 7 jam akan mengakibatkan daya kerja mata menurun. Mata mudah lelah, tidak bening lagi dan biasanya berair. Oleh sebab itu sesibuk apapun kita usahakan istirahatkan mata agar mata kita tetap dalam kondisi normal.

3. Minum air putih yang cukup

 minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Minumlah minimal 8 gelas per hari, karena itu bagus untuk kesehatan mata dan menjaga mata tetap bening. Sangat terlihat jika orang yang kekurangan cairan atau kurang minum air putih matanya tidak bening lagi dan biasanya mulai berwarna merah.

4.Makan sayuran dan buah

Sering seringlah mengkonsumsi sayuran hijau dan buah. Selai sebagai sumber vitamin, sayuran dan buah juga sangat baik untuk mata. Karena di dalam sayuran dan buah terdapat vitamin A dan zat besi yang kita tahu baik untuk kesehatan mata. Jadi biasakan makan sayuran dan buah secara rutin agar kita tetap sehat terutama mata kita pun pasti sehat.

5.Menggunakan krim mata

Menggunakan krim mata sebelum tidur berguna untuk mengurangi seriko kerutan pada mata. Karena krim mata menjaga kelembapan kulit mata anda. Gunakanlah krim mata pada bagian bawah mata anda karena disitulah biasanya kulit mengalami kerutan.

6.Kompres mata dengan stowberi dan mentimun

Langkah ini sangat mujarab untuk menjaga mata kita tetap sehat. Strowberi yang sudah di dinginkan di kulkas kemudian di iris dan di letakkan di kelopak mata sekitar 15 menit. Itu bisa membantu mengatasi mata yang lelah. Kemudian untuk mentimun, iris bundar mentimun lalu letakkan di kelopak mata selama kurang lebih 15 menit untuk mengembalikan kesegaran pada mata.

7.Mengompres dengan handuk dingin

Langkah ini sangat berguna untuk mengobati mata yang merah serta gatal. Daripada kita menggosok mata saat gatal, itu justru akan membuat kornea mata luka. Oleh karena itu, mengompres dengan air dingin bisa mengurangi rasa gatal secara perlahan.

8.Basuh dengan air dingin

 Basuhlah mata setiap harinya di air yang dingin. Ini sangat membantu untuk melembapkan dan merilekskan mata setelah seharian melakukan aktivitas. Tapi lebih baik setelah kita melakukan aktivitas di siang hari, janganlah kita langsung membasuhnya dengan air dingin karena kondisi suhu mata harus di perhatikan. Jika langsung di basuh dengan air dingin bisa mengakibatkan mata perih.

9.Kompres dengan logam dingin

Untuk mata yang bengkak ini bisa menjadi langkah pertama sebelum anda konsultasi ke dokter. Dinginkan logam (uang logam atau sendok) di freezer selama beberapa menit kemudian tempelkan pada mata yang bengkak. Lakukan berkala agar syaraf dan otot mata tidak kaku.

10.Melihat lingkungan hijau

Setelah kita melakukan suatu pekerjaan atau terlalu lama bekerja di depan computer pastilah mata kita mengalami kelelahan. Luangkan sedikit waktu anda untuk mengistirahatkan mata. Cobalah pergi keluar ruangan dan melihat dedaunan atau pergi ke taman. Warna hijau pada daun dan udara bebas akan memberikan kenyamanan dan membuat rileks mata anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder