Cara Mengobati Batuk Secara Alami


Batuk merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan paling sering menyerang siapa saja, apalagi pada musim hujan maupun musim pancaroba. Apapun jenis batuknya, baik itu batuk karena flu, batuk kering, maupun batuk berdahak, pasti sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, beraktivitas tidak maksimal, beristirahat tidak nyenyak.  Pada umumnya, batuk terjadi karena ada sesuatu benda asing yang umumnya berupa debu atau kuman yang merangsang selaput lendir di tenggorokan. Hal ini yang kemudian membuat rasa gatal dan benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh dengan cara batuk. Untuk menghilangkan batuk, banyak cara yang bisa dilakukan. Banyak merk obat batuk baik sirup maupun tablet yang tersedia di toko dekat rumah. Namun, mengobati batuk secara alami lebih disarankan karena lebih aman tanpa efek samping pada kesehatan, juga tidak perlu biaya mahal.

Berikut ini adalah Cara Menyembuhakan Batuk menggunakan Bahan Alami

1.) Air Putih
 
Penderita batuk tentu saja tidak nyaman apalagi jika ada dahak yang ada pada tenggorokan sehingga mengganggu pernapasan. Anda bisa mengkonsumsi air putih (baca: manfaat air putih) dengan cukup untuk membantu mencairkan dahak tersebut. Selain itu air putih dapat menjaga membran tenggorokan agar tetap lembap.

2.) Daun Sirih


 
Daun sirih, selain bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan (baca: khasiat daun sirih cara cepat atasi sariawan) juga dapat menyembuhkan batuk berdahak. Caranya cukup mudah, rebuslah daun sirih beberapa lembar kemudian dicampurkan dengan potongan jahe. Ambilah air resbuasannya dan air rebusan ini bisa Anda minum sekali dalam sehari. Air hasil rebusan daun sirih dan potongan jahe dapat berguna untuk mengahangatkan tubuh selain itu daun sirih dan jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3.) Jahe

 
Selain jeruk nipis, jahe (baca: manfaat jahe) juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Didalam jahe juga terdapat anti-bakteri sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. jahe dikonsumsi biasanya untuk menghangatkan tubuh selain itu bisa juga meredakan batuk berdahak. Anda bisa membuat minuman dari jahe ini dengan cara mengiri jahe dan juga kencur kemudian bahan tersebut direbus lalu diambil air resbusannya. Air rebusan tersebut bisa meredakan batuk berdahak, Anda bisa mengkonsumsinya sekali dalam sehari.

4.) Jeruk Nipis

 
Cammpuran jeruk nipis dengan kecap sudah digunakan oleh banyak orang untuk mengobati batuk berdahak dan merupakan salahsatu bahan alami yang ampuh untuk meredakan batuk berdahak. Apabila Anda tidak begitu menyukai kecap, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Gunakanlah resep campuran ini 2-3 kali sehari agar batuk berdahak Anda dapat sembuh dengan segera.

Demikian beberapa bahan-bahan alami yang ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengobati batuk berdahak dan batuk kering. Banyak keuntungan menggunakan bahan-bahan alami tersebut karena memiliki karakteristik yang sama sekali berbeda dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami terbebas dari efek samping apapun sehingga bisa digunakan secara berkelanjutan. Selain itu, lakukan tindakan pencegahan lain seperti menjauhi tempat yang mengandung debu dan juga tempat yang dingin karena kedua hal tersebut dikenal sebagai penyebab batuk. Jaga tubuh Anda supaya tetap hangat, bisa dengan mengunakan selimut atau jaket. Kalau mandi jangan lupa untuk menggunakan air hangat. Menghentikan kebiasaan buruk yang bisa memperparah sakit batuk berdahak anda seperti merokok atau minum alkohol. Mengalokasikan waktu untuk beristirahat secara teratur dan jangan terlalu berlebihan menggunakan tenaga untuk bekerja. Memperbanyak minum air putih kurang lebih antara 7-8 gelas per harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder