Tips Mengatasi Diare Yang Berlebihan



Siapa yang tidak pernah mengalami diare ? Hampir semua dari kita pernah mengalaminya. Perut terasa mules, bawaanya ingin sekali ke kamar mandi terus menerus, makanpun terasa tidak enak, dan khawatir saat beraktivitas. Ya, itulah yang sering kita lalui saat kita mengalami penyakit yang namanya diare.

Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditunjukkan tinja penderita berubah menjadi cair (lembek), dan si penderita dapat buang air besar paling sedikitnya 3 kali dalam sehari. Kenapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena adanya gangguan proses penyerapan air dalam usus besar, biasanya bakteri membantu peneyarapan air E. choli jumlahnya amat sedikit sehingga menganggu proses penyerapan air dalam usus besar yang otomatis dapat menyebabkan feses menjadi berair.

Diare ini kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. jangan salah sangka ternyata diare ini dapat menyebabkan kematian, lho. Jadi, kita tidak boleh mengentengkan penyakit yang satu ini. Bahkan dibeberapa negara berkembang sana diare sudah menjadi penyebab kematian yang paling umum untuk angka kematian balita dan 2,6 juta orang setaip tahunnya. Mengerikan sekali, ya karena diare bisa menyebabkan dehidrasi karena banyak kehilangan cairan yang dapat mengancam setiap jiwa manusia.

Gejala yang ditunjukkan dari penyakit diare adalah buang air besar secara terus menerus, perut terasa mulas sekali, dehidrasi, mual, dan muntah. Dari gejala ini punggung kita sering pegal dan perut juga sering berbunyi. Tapi tenang saja disini saya akan memberi solusi pengobatannya.

Tentu saja setiap dari kita tidak ada yang mau merawat suatu penyakit, apalagi penyakit yang satu ini aktivitas kita sering terganggu bahkan tidur pun juga harus terganggu karena perut yang mulas dan dorongan untuk buang air besar terus menerus. Apalagi setelah tahu, bahwa diare dapat menyebabkan kematian. Perlu sekali dong penanganan segera untuk penyakit ini agar tidak berkalanjutan dan tidak menimbulkan komplikasi sampai kematian. Jadi, disini penulis akan memberikan tips-tips sederhana untuk mengatasi diare. Mau tahu? Yuk, kita simak sama-sama yuk teman.

Berikut ini dia tips mengobati Diare:

1. Rajin Konsumsi Air
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa diare dapat menyebabkan dehidrasi (tubuh kehilangan cairan) karena cairan banyak terbuang bersma tinja/feses. Nah, dengan kehilangan cairan ini maka bagi si penderita dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi air baik itu bisa air putih, berbagai jus buah, bahkan sayuran bening yang kaya akan airnya.

2. Oralit
Oralit merupakan suatu larutan garam elektrolit. Oralit ini amat bermanfaat sekali untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dan dapat menekan frekuensi banyaknya feses yang berlebihan ketika diare. Oralit ini memang sangat terkenal sekali untuk pengobatan diare karena ini merupakan pengobatan diare yang diberikan pertama kali.

3. Daun Jambu Biji
Seperti oralit, bahan herbal yang satu ini juga terkenal dalam mengobati diare. Caranya pun mudah untuk membuat ramuannya, kita tinggal mencuci sebanyak 6 lembar daun jambu biji, kemudian ditumbuk. Setelah cukup halus, tambahkan 1 cangkir air matang dan bersih untuk kemudian perasa, ambil airnya dan minumlah air ini setiap hari secara rutin sampai diare sembuh

4. Tapak Liman
Ternyata tumbuhan yang satu ini efektif juga dalam menyembuhkan diare. Caranya pun mudah, kita siapkan saja sekitar 25 gram tapak lipan kering dan cucilah sampai bersih. Tapak liman yang sudah dibersihkan ini kemudian direbus dalam 3-4 gelas bersih, biarkan sampai tersisa hanya 2 gelas saja. Kemudian dinginkan, dan saringlah. Minumlah ramuan ini secara rutin yakni 2 kali sehari dan masing-masing 1 gelas sampai diare sembuh.

5. Istirahat yang Cukup
Yang namanya terkan penyakit apapun. istirahat menjadi kunci juga dalam penyembuhan. Untuk penderita diare, dianjurkan untuk menghindari tidur yang terlalu malam dan bangun yang terlalu pagi. Dengan tidur yang cukup, maka penyakit diare dapat diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder