Arti Kata Stalking atau Stalker status Twitter/Facebook

Pengertian Arti Kata Stalking - Efek Social media sangat mempengaruhi orang untuk mengungkapkan perumpamaan, kata -kata baru yang mungkin bisa terlihat berbeda dan keren. Setelah dulu banyak sekali bermunculan kata - kata aneh menurut sebagian orang dan gaul yang menjadi tren anak-anak muda seperti unyu, ciyus, miapah, kepo dan lain sebagainya, kini muncul lagi kata baru yang mungkin memang sudah ada sejak lama namun karena kita berbicara social media, apa yang mereka anggap menarik dan unik pasti akan cepat menyebar secara cepat. Ya,,, this is about STALKING or STALKER.

Start Stalking

Kali ini saya mendapat artikel keren mengenai stalking dari situs kawankumagz.com dan oleh karena itu, mari dibaca selengkapnya apabila anda semakin penasaran dengan kata STALKING ini.

Apa itu Stalking?

Setiap buka Twitter atau Facebook, seringkali yang kita buka lebih dulu akun gebetan atau mantan pacar kita. 'Arti Kata Stalking' sepertinya sudah jadi bagian hidup kita.

Sebenarnya stalking itu bukan kegiatan yang fun, lho. Kata stalking sendiri udah mengalami perubahan dan penurunan arti dari arti yang sebenarnya. Menurut buku Psychology of Stalking karangan Meloy, stalking adalah perilaku kriminal ketika seseorang memburu atau mengejar orang lain lebih dari batas kewajaran secara obsesif sehingga menjadi ancaman dan berpotensi membahayakan.

Dari segi hukum sendiri ada tiga hal yang terjadi dalam stalking itu sendiri. "Ada pola perilaku yang mengganggu dan enggak diinginkan orang lain, dalam hal ini korbannya. Ada ancaman baik dilakukan secara langsung atau tidak langsung oleh si pelaku dan sebagai akibat dari perilaku ini, orang lain menjadi takut," jelas  mbak Priscillia Misero, S.Psi.

Kasus kriminal
Orang melakukan stalking karena adanya kebutuhan untuk menguasai atau mengontrol orang lain, yang dalam hal ini adalah si korban. Banyak kasus stalking, terutama kasus stalking pada seleb, berakhir di pengadilan.

Menguntit di sosmed
Sosial media seperti Twitter,Facebook atau pun blog memang salah satu media yang paling gampang untuk dijadikan tempat stalking. Malah ada istilah cyber stalking. Ini mirip stalking di dunia nyata tapi dilakukan lewat internet, termasuk social media. Ini terjadi karena semakin banyak orang yang menceritakan soal kehidupannya di social media.

Frekuensi, kuantitas dan kualitas berbagi ceritanya pun lebih banyak dibandingkan dengan pertemuan langsung. Yang membaca pun enggak cuma orang yang kita kenal, tapi juga orang asing.

Kadang cyber stalking konsekuensinya enggak langsung. Korban sering baru tahu belakangan dia terkena cyber stalking. Pelakunya juga lebih sulit dilacak, karena sering mereka menggunakan nama samaran atau akun palsu. Makanya, girls, hati-hati menaruh info pribadi kita di dunia maya, ya!

Sekadar ingin tahu
Hingga sekarang, masih banyak kasus stalking dalam arti yang sebenarnya. Namun, kata itu mulai mengalami perluasan arti, seperti yang sering kita pakai sekarang. Seperti stalking gebetan di Twitter atau Facebook.

"Nah dalam konteks pergaulan ini walau beda tapi dorongannya sedikit banyak mirip dengan stalking itu sendiri. Rasa ingin menguasai dan ingin memiliki hal-hal ini yang menimbulkan perasaan cemburu berlebihan, atau sangat posesif tanpa disadari. Misalnya, kita putus dari pacar, lalu pacar kita terdengar punya gebetan baru. Kita berusaha keras mencari tahu siapa gebetan baru itu, apa yang dia lakukan, dan lain-lain. Kadang juga untuk memberikan kepuasan pribadi dalam diri kita sendiri bahwa kita lebih OK dari si gebetan baru tersebut," ucap mbak Priscillia Misero, S.Psi.

Hal yang paling sederhana, kita hanya ingin cari informasi soal orang tersebut. Entah itu soal kegiatan sehari-hari atau hobinya. Kalau sebatas itu, sih, enggak bahaya. Tapi kalau kita udah enggak tahu kapan berhenti, sudah mulai jadi obsesi dan sampai pada titik  kita 'harus' melakukan itu tanpa sadar, itu baru jadi masalah. 

"Efeknya enggak jarang membuat kita down. Kita jadi fokus pada hal itu saja. Padahal begitu banyak hal menarik yang bisa jadi perhatian kita, kan?" tambah mbak Priscillia lagi. Bener banget. Sekali-kali enggak masalah tapi jangan jadi obsesi ya! Arti Kata Stalking

1 komentar:

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder