Tips Paling Jitu Berhenti Merokok Terbaru, Terbukti Ampuh

Tips dan cara berhenti merokok dengan cara paling efektif dijamin pasti ampuh, tips berhenti merokok sangat simpel dan praktis. Solusi yang aman adalah anda cukup mengikuti step by step caranya dibawah ini dengan benar.

Tips Berhenti Merokok

5 Langkah Jitu Cara Tips Berhenti Merokok:

Bagi para perokok, 5 langkah ini Insya Allah dapat dijadikan sebagai acuan prosedur untuk berhenti merokok.

1. Tentukan Sebab-Sebab Yang Mendorong Keinginan Anda Untuk Berhenti Merokok

Langkah pertama ini sangat penting bagi perokok yang benar-benar berniat untuk berhenti merokok. Faktor dorongan atau motivasi sangat berperan penting bagi setiap orang dalam melakukan suatu tindakan. Jika anda tidak pernah memiliki faktor pendorong atau sebab, maka sulit rasanya bagi anda untuk berhenti merokok. Faktor yang menjadi penyebab bermacam-macam dan tentunya berbeda bagi setiap orang. Sebagai contoh, saya mempunyai beberapa teman yang aktif di suatu partai politik. Sepanjang yang saya ketahui, kader dari parpol ini tidak ada seorangpun yang merokok (setidaknya tidak merokok di tempat umum) padahal sebelum dia bergabung dengan parpol tersebut dia dulu juga seorang perokok. Pesan yang saya tangkap adalah bahwa keinginan untuk “diterima” pada suatu lingkungan dapat dijadikan salah satu faktor pendorong atau penyebab seseorang berhenti merokok. Penyebab untuk berhenti lainnya adalah adanya ancaman bahaya dari sebatang rokok. Berbicara masalah bahaya rokok, rasanya setiap orang sudah mengetahui bahaya tersebut sehingga tidak aneh jika pada bungkus rokok tertera bahaya dari merokok. Charles F. Wetherall mengutip sebuah data dari U.S. Public Service Office on Smoking bahwa sekitar 500.000 orang mati pada usia muda setiap tahunnya sebagai dampak dari merokok. Bagi kita, pelajaran yang terpenting adalah “belajar dari kesalahan orang lain”, “belajar dari kematian orang lain”. Memang benar mati adalah suatu kepastian, tetapi janganlah mati karena kebodohan. Bagi yang sudah menikah, sikap ketidaksukaan pasangan terhadap merokok juga dapat dijadikan pendorong untuk berhenti merokok. Bukankah dulu ketika pacaran hampir selalu terucap “demi kamu, apapun akan kulakukan sayangku…”. Nah..sekaranglah saatnya bagi anda yang tidak suka asap rokok untuk menagih janji pasangan anda yang perokok untuk menghentikan kegiatan merokoknya. Apalagi bagi yang sudah memiliki putera – puteri….kasihan sekali mereka jika setiap hari diberi tambahan makanan berupa asap rokok oleh ayahnya. Ingat, yang diperlukan bagi anak-anak kita adalah “4 sehat, 5 sempurna”….dan dalam kategori tersebut asap rokok tidak termasuk dalam bagian dari 4 sehat 5 sempurna.

2. Klasifikasi Rokok Sesuai Tingkat Esensinya

Sejauh mana anda memandang rokok dalam kehidupan anda? Apakah demikian besar esensi rokok dalam hidup hidup. Buatlah perbandingan atas semua aktivitas anda: tidur, olah raga, ibadah, makan, minum, rekreasi, merokok …dsb..dsb. Dari semua aktivitas tersebut, menurut anda pada urutan keberapakah merokok tersebut? Seseorang akan kehilangan kebugaran jika tidak olah raga, orang juga akan lemas jika tidak makan dan minum berhari-hari, seseorang akan kelihatan tidak sehat jika kurang tidur. Bagaimana dengan merokok? Apakah anda pernah mengalami sakit ketika tidak merokok seharian (misalnya saat puasa Ramadhan). Memang sering kita dengar pernyataan dari para perokok bahwa konsentrasinya hilang jika tidak merokok, atau gairah kerja menurun jika tidak merokok. Pernyataan itu jelas suatu kebohongan yang muncul dari ketidakmampuan untuk melawan hawa nafsu merokok. Ketika seseorang telah terjerat rokok, dia menggunakan alasan yang bersifat sugestif sebagai legitimasi dari merokok. Apa hubungannya asap rokok dengan konsentrasi atau semangat kerja? Silakan tunjukkan hasil penelitian medis yang menyebutkan bahwa asap rokok dapat meningkatkan konsentrasi dan gairah kerja secara normal. Maksudnya, gairah tersebut harus benar-benar muncul layaknya seseorang mengkonsumsi makanan bergizi atau bervitamin, bukan hanya sekadar doping.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut dapat membantu kita menempatkan posisi merokok dalam hidup kita. Jika kita tidak berhasil menempatkan merokok pada posisi yang penting, maka perlahan-lahan kita dapat meninggalkan keabiasaan merokok. Manusia yang berpikiran jernih tentunya akan meninggalkan kesia-siaan, terlebih lagi jika kesia-siaan tersebut berbahaya bagi dirinya.

3. Kurangi Merokok Secara Teratur dan Bertahap

Langkah ini adalah latihan bagi anda yang benar-benar berniat berhenti merokok. Kurangi porsi merokok anda, batang demi batang. Jika saat ke kantor anda biasa membawa rokok, mulailah dengan tidak membawa rokok di saku anda.

4. Berhenti Merokok Secara Total

Setelah berhasil mengurangi porsi rokok, maka anda dapat memulai langkah ini yaitu berhenti merokok secara total.

5. Konsisten Berhenti Merokok Sepanjang Waktu

Langkah terakhir adalah konsistensi anda dalam berhenti merokok.

Langkah-langkah tersebut tentunya hanya sebagai pendorong, karena factor penting adalah kesungguhan anda untuk berhenti merokok. Apapun teorinya jika anda tidak pernah berniat berhenti merokok, maka akan sia-sia teori tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat bagi saudara-saudaraku para perokok.

Terimkasih telah membaca ulasan tips paling jitu berhenti merokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun dan mohon jangan memasukkan link ke dalam form komentar ataupun link plus KW di form nama/url. gunakanlah akun google anda atau homepage anda untuk memberikan komentar.

Terima Kasih
Admin.

Google Adwords

Tips Info Muda © 2016. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Parfum Terbaik | Designed by-Dapinder